Jumat, 16 November 2012

SIFAT KOLIGATIF LARUTAN : PENDAHULUAN + PETA KONSEP

      Pernahkah Anda mengukur suhu air saat mendidih? Bila air mendidih pada suhu 100° C, apakah air yang telah ditambah satu sendok gula juga mendidih pada suhu 100° C, bagamana bila ditambah dua sendok gula? Ini merupakan bagian yang akan kita pelajari pada bab ini.
        Larutan memiliki beberapa sifat fisis seperti warna, bau, rasa, pH, titik didih, titik beku, dan sebagainya. Sifat fisis larutan yang akan kita pelajari adalah sifat koligatif, yaitu sifat larutan yang hanya tergantung pada konsentrasi partikel zat terlarut. Sifat koligatif tersebut terdiri atas penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis. Zat terlarut nonolektrolit dan zat terlarut elektrolit dengan jumlah mol yang sama akan menimbulkan sifat koligatif yang berbeda. Sifat koligatif larutan dapat digunakan untuk menentukan massa molekul relatif, derajat ionisasi dan jumlah ion zat terlarut. Sebelum mempelajari sifat koligatif larutan lebih lanjut, kita pelajari terlebih dahulu satuan konsentrasi larutan yaitu fraksi mol, dan molalitas.
         Baik, lah sahabat Tamian, seperti biasanya sebelum kita memulai pelajaran, ada baiknya kita ketahui dulu peta konsep dari apa yang akan kita pelajari. Hal ini dapat membantu dan sangat berguna untuk sahabat Tamia dalam memahami materi yang sahabat pelajari. Oke, tanpa berbasa-basi lagi, kita sambut bersama-sama. 1....2.....3.... inilah diaaa... 
Peta konsep Sifat Koligatif Larutan... taraaaaaaaaaaa.... :)

Peta konsep Sifat Koligatif Larutan

0 komentar:

Poskan Komentar